Kamis, 02 Agustus 2012

ketentuan lomba KTI dan Poster



Ekspedisi Ilmiah LKTI 2012  ”Menulis Awal Sebuah Mimpi yang Nyata”
Abstraksi
Panitia Ekspedisi Ilmiah adalah kerjasama antara Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, Puslit Pengembangan teknologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman serta Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah  (Litbang Jeteng) mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Design Poster dengan tema Suara Anak Bangsa”
KETENTUAN LOMBA
Panitia Ekspedisi Ilmiah 2012 mengadakan 2 lomba, yaitu lomba KTI dan lomba Desain Poster tingkat SMA/SMK/MA Se-Barlingmascakeb dengan tema “Suara Anak Bangsa”
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH
 Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah ini para peserta SMA/SMK/MA mengirim karya tulis dengan Tema “Suara Anak Bangsa” dan Sub Tema :
·         Pendidikan              : Meningkatkan Kualitas Pendidikan
·         Sosial                      : Meminimalisir Kesenjangan Sosial Untuk Mencapai Kesejahteraan
·         Budaya                   : Pelestarian Kebudayaan
·         Teknologi               : Inovasi Iptek yang Tepat Guna dan Ramah Lingkungan
·         Ekonomi                 : Pemberdayaan SDM Untuk Mengoptimalkan Produk Dalam Negeri
Karya Tulis  yang dikirim akan melalu tahap seleksi administratif dan seleksi awal oleh juri. 10 Finalis LKTI dan 15 Finalis design poster yang terpilih akan mempresentasikan karyanya dalam tahap final.
Ketentuan lomba karya tulis:
·         Lomba Karya Tulis Ilmiah Ilmiah 2012 ini dapat diikuti oleh SMA/SMK/MA di kawasan Barlingmascakeb
·         Setiap institusi  SMA/SMK/MA boleh mengirimkan lebih dari satu tim
·         Setiap tim terdiri dari maksimal 3 orang yang terdiri dari 2 (dua) orang siswa sebagai anggota , 1 (satu) orang sebagai ketua dan maksimal 1 (Satu) orang guru pembimbing dari sekolah yang sama
·         Setiap peserta wajib mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran ( Formulir, Syarat dan ketentuan dapat diunduh di ekspedisiilmiah2012.blogspot.com atau 4shared (ekspedisi ilmiah 2012)
·         Karya merupakan karya sendiri/orisinil dari siswa yang bersangkutan ( disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan yang ada dalam lampiran buku panduan ini)
·         Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis hasil penelitian atau observasi tentang karya mereka. (Format penulisan karya tulis dapat dilihat pada buku panduan)
·         Peserta di pungut biaya pendaftaran sebesarRp. 40.000,-/tim
·         Setiap tim harus mengumpulkan lima berkas karya tulis dalam bentuk hard copy yang akan diserahkan pada masing masing juri dan Softcopy karya tulis (format *.pdf).
·         Cara penamaan Softcopy (file): “Nama-Nama Sekolah-Judul Karya Tulis”
Contoh: “Gunawan-SMAN 1 Purwokerto-Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Keadilan
·         Pengumpulan karya harus menyertakan formulir pendaftaran (dapat download di blog maupun dalam panduan) dan menyertakan bukti pembayaran serta fotokopi identitas diri (KTP/KTM/Kartu pelajar) yang masih berlaku serta 2 lembar pas foto peserta ukuran 4x6
·         Berkas Karya Tulis  peserta kemudian akan diseleksi administratif dan tahap penjurian awal untuk menentukan finalis
·         Setiap tim finalis wajib memiliki berkas Karya Tulis mereka untuk  dibawa pada saat presentasi final
·         Pengurangan penilaian dan diskualifikasi akan dilakukan apabila terjadi pelanggaran dan kecurangan selama mengikuti lomba ini
·         Peserta yang lolos wajib mempersentasikan karya tulisnya dalam bentuk power point atau flash media
·         Quota peserta terbatas hanya untuk 50 peserta
·         Peserta yang melebihi quota di anggap gugur dan akan dihubungi lebih lanjut oleh panitia .
·         Dewan juri terdiri dari berbagai kalangan, yaitu :
·         Akademisi (Perguruan Tinggi)
·         Institusi
·         Praktisi

Kriteria penilaian lomba, yaitu :
·         Kesesuaian dengan tema
·         Sistematika penulisan karya tulis
·         Orisinalitas ide
·         Manfaat karya tulis
·         Performa presentasi karya
·         Kreativitas ide

SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan hendaknya berisi  rancangan yang teratur sebagai berikut :
1. Bagian Awal
a.        Halaman Judul
1)       Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda
2)       Nama penulis dan nomor induk siswa ditulis dengan jelas
3)       Sekolah asal ditulis dengan jelas
b.     Lembar Pengesahan
1)       Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
2)       Lembar pengesahan ditandatangani oleh guru pendamping dan diketahui oleh kepala sekolah dengan stempel sekolah.  
3)       Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
c.     Kata Pengantar dari penulis
d.     Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran
e.     Abstraksi (gambaran umum) disusun maksimal dua (2) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.
2. Bagian Inti
a.     Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
1)     Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah;
2)     Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan;
3)     Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan;
4)     Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b.     Telaah Pustaka
Telaah pustaka berisi :
1)     Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
2)     Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
3)     Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
c.     Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
d.     Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
e.     Penutup
1)     Kesimpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan tujuan.
2)     Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.

3. Bagian Akhir
a.     Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
b.     Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
c.     Lampiran (jika diperlukan)
B. Persyaratan Penulisan
1.     Naskah ditulis dalam bentuk paper minimal 15 halaman dan maksimal 30 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2.     Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.
C. Pengetikan
1.     Tata Letak
a.     Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
b.     Batas pengetikan :
1)     Samping kiri 4 cm
2)     Samping kanan 3 cm
3)     Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm
4)     Batas pengetikan 3 cm pada bagian bawah.
c.     Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
1)     Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi
2)     Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas dan tanpa digarisbawahi.
3)     Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
4)     Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
5)     Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2.     Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
3.     Penomoran Halaman
        a.     Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii dan seterusnya).
b.     Bagian tubuh / pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab (1,2,3 dan seterusnya) serta diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya).
c.     Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
Catatan :
o    Formulir pendaftaran dapat digandakan bila mengirimkan lebih dari satu tim
o    Cover dengan indikator pendidikan diberi warna merah
o    Cover dengan indikator teknologi diberi warna biru
o    Cover dengan indikator sosial diberi warna hijau
o    Cover dengan indikator kebudayaan diberi warna orange
o    Cover dengan indikator ekonomi diberi warna putih
o    Wajib dalam bentuk hardcopy (dijilid) sebanyak 5 berkas (tanpa sampul mika atau apapun berbahan plastik)

Halaman Pengesahan


1.     Judul                                                                      :
  1. Bidang Ilmu
  2. Di SMA/SMK/MA                                               :
  3. Ketua
a. Nama Lengkap                                                               :
b. NIS                                                                     :
c. SMA/SMK/MA                                                : 
d. Alamat Rumah dan No Telp/HP                 :
e. Alamat email                                                   :
4.    Jumlah anggota*                                                 :
  1. Guru Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar                             :
b. NIP                                                                     :
c. Alamat Rumah dan No Telp/HP                 :              


...........................,......................20....

Guru Pendamping




(Nama Terang)
NIP.
Ketua




(Nama Terang)
NIM.

Mengetahui
Kepala Sekolah

(Nama Terang)
NIP.







*) Jumlah maksimal anggota adalah 3 orang termasuk ketua



FORMULIR LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

Identitas Peserta
1.      Nama Lengkap            :
TTL                             :

Jenis Kelamin              :           Laki-Laki
                                                Perempuan
Alamat                         :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS

2.      Nama Lengkap            :
TTL                             :

Jenis Kelamin              :           Laki-Laki
                                                Perempuan
Alamat                         :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS

3.      Nama Lengkap            :
TTL                             :

Jenis Kelamin              :           Laki-Laki
                                                Perempuan
Alamat                         :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS

Identitas Sekolah
Asal Sekolah                :

Alamat Sekolah                       :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS
                                                  No Telfon

Nama Pembimbing      :
Jabatan                                    :
           
Keterangan :
Ø  Formulir dikumpulkan saat pendaftaran dan dilampirkan pada hasil karya tulis ilmiah
Ø  Formulir dapat di fotokopi atau dapat diperbanyak dan di tulis menggunakan huruf kapital










*Format Cover
Lomba Karya Tulis Ilmiah
Judul karya


Logo sekolah/
InstansiDinas

 








DIUSULKAN OLEH
NAMA, NIM/NIS (Ketua Kelompok)
NAMA, NIM/NIS (Anggota)






INSTANSI DINAS
 NAMA SMA/SMK/MA
KOTA

TAHUN


Format Surat Pernyataan

SURAT PERNYATAAN
Kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama (ketua kelompok)          :
NIM/NIS                                                :
SMA/SMK/MA                      :
Menyatakan bahwa karya tulis yang kami sertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah pada kegiatan Ekspedisi Ilmiah Administrasi Negara 2012 adalah benar hasil karya kelompok kami dan kami dapat menjamin originalitas karya ini belum pernah diikutsertakan dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah maupun lomba yang lainnya
Demikian surat pernyataan ini kami perbuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur keterpaksaan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.



                                                                                                                Kami yang menyatakan,
                                                                                                                                Ketua



                                                                                                                          (Nama Terang)*
                                                                                                                NIS






*) Bubuhkan materai

LOMBA DESAIN POSTER DENGAN TEMA “SUARA ANAK BANGSA”
  1. §  Terbuka untuk seluruh siswa SMA/SMK/MA se-Barlingmascakeb yang masih menempuh masa study.
  2. §  Satu sekolah hanya bisa mengirimkan lebih dari 1 karya design poster
  3. satu orang hanya bisa mengirimkan satu karaya design poster
  4. §  Lomba Desain Poster hanya dapat diikuti perorangan
  5. §  Design poster hanyadiperbolehkandalambentuk digital
  6. §  Karya merupakan karya asli peserta, bukan merupakan editanatau tiruan karya lain, dan belum pernah
  7. diikutkan lomba atau dipublikasikan sebelumnya
  8. §  Poster tidak mengandung unsur Sara dan Pornografi
  9. §  Poster diharuskan sesuai dengan tema yang ada
  10. §  Poster berukuran A3 berjenis art paper
  11. Dengan ketentuan :
§  Header             : 3 cm
§  Footer              : 3 cm
§  Left                  : 3 cm 
§  Right          : 3 cm
  1. §  Dalampengumpulan Poster disertakan 1 lembarlampirandeskripsidesign danBiodatapembuat
  2. §  Poster dimasukankedalamamplopberukuran A3
  3. §  Pesertadapatdisertaipendampingataupuntidak, untukpendampingmaksimal 1 orang pendamping
  4. §  Persentasihanyadapatdilakukanolehpeserta
  5. §  Peserta dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000,-/orang (maksimal satu karya)
  6. §  Karya yang telah diterima panitia akan diseleksi oleh juri untuk menentukan 15 finalis
  7. §  Peserta wajib mengkonfirmasi kepada panitia (Contact Person yang tertera di panduan) setelah melakukan
  8. pengiriman biaya pendaftaran dan mengirimkan bukti pembayaran saat menyerahkanberkasdankaryanya .
  9. §  Finalis yang terpilih diwajibkan datang pada pameran Ekspedisi Ilmiah 2012
§  Hasil karya kelompok tidak dapat diterima dan menjadi milik panitia
§  Tiap peserta wajib mengumpulkan formulir pendaftaran dan disertai dengan kartu identitas peserta ( Kartu Pelajar, KTP, biodata buku hasil belajar ) yang masih berlaku dan 2 lembar pas photo berwarna ukuran 4x6 yang dimasukan pada berkas yang akan dikirim beserta karyanya
§  Semua berkas ( form , bukti pembayaran , deskripsi design dan design poster ) dimasukan ke dalam amplop A3 yg sama
§  Quota hanya tersedia 50 peserta
§  Peserta yang melebihi quota akan di hubungi lebih lanjut oleh panitia


FORMULIR LOMBA POSTER
Identitas Peserta
Nama Lengkap                        :
TTL                             :

Jenis Kelamin              :           Laki-Laki
                                                Perempuan
Alamat                         :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS
Jumlah poster yang diajukan :


Identitas Sekolah
Asal Sekolah                :

Alamat Sekolah           :
                                                                        Rt/Rw                          Kode POS
                                                  No Telepon

Nama Pembimbing      :
Jabatan                                    :

Perihal Poster
            Judul Poster                 :
            Jenis Poster
                                                Menggunakan media software


                                    Menggunakan media kertas
                                    Lain – lain       ………………………….* @ditulis nama medianya               
Keterangan :
Ø  Formulir dikumpulkan saat pendaftaran dan dilampirkan pada hasil karya tulis ilmiah
Ø  Formulir dapat di fotokopi atau dapat diperbanyak dan di tulis menggunakan huruf kapital


*Lampiran
Deskripsi design













































Mekanisme Pengumpulandan Pendaftaran
Ø  Pengiriman KTI dan Poster dapat melalui kantor Pos ke alamat Jl. Prof DR. H Boenyamin 933 Purwoketo-Utara 53122 atau datang langsung kesekretariatan jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Unsoed dan di pojok kanan atas amplop berwarna coklat di tulis jenis lomba yang diikuti (LKTI/Lomba Poster).
Contoh.
Kepada;
Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara FISIP UNSOED
JL. Prof. DR. H Boenyamin 933 Purwokerto-Utara 53122
Ø  Satu  file paper Karya Tulis Ilmiah dalam bentuk softcopy (format *.pdf) dan satu file desain poster dalam bentuk Jpeg atau jpg dikirimkan kealamat email  Ekspedisiilmiah2012@gmail.com
Ø  Bagi peserta yang akan mengirimkan berkasnya harap menghubungi panitia terlebih dahulu dengan contact person “Anisha Lia E.M (087725987762) atau Septi Nugraheni (085692490318) atau Erlangga (085640901936)
Ø  Biaya pendaftaran di transfer melalui rekening BNI
Rekening BANK BNI Kantor Cabang
     No. Rekening : 0247069697
     Atas nama       : Septi Nugraheni
Ø  Untuk konfirmasi pendaftaran ketik (nama peserta )-(nama sekolah)-(Lomba yang diikuti)-(tanggal pembayaran)-(waktu pembayaran) ke nomor Septi Nugraheni (085692490318).
Contoh: (Ahmad Imron-SMA N 1 Purwokerto­­-LKTI-25 Juli 2012-Pukul 06.00 WIB) kirim ke (087725987762) atas nama Anisha Lia E.M  atau Septi Nugraheni (085692490318)

Jadwal kegiatan
1.        Tanggal 30 Juli – 1 agustus 2012                            : Publikasi Lomba KTI dan Poster
2.        Tanggal 6 agustus  – 12 Agustus 2012                   : Pendaftaran KTI dan Poster
3.        Tanggal 27 Agustus  31 agustus 2012                 : Pengumpulan KTI dan Poster
4.        Tanggal 1 -3  September  2012                               : Proses penjurian
5.        Tanggal 4 September 2012                                      : Publikasi finalis 10 dan 15 besar
6.        Tanggal 6 September 2012                                      : Presentasi finalis KTI dan Poster




Klasifikasi Hadiah dan Penghargaan Juara:
·       Hadiah LKTI
Juara I                                                                                     Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat
Juara II                                                                                    Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat
Juara III                                                                                   Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat
 
·      Hadiah Poster                  
Juara I                                                                                     Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat
Juara II                                                                                    Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat
Juara III                                                                                   Uang Pembinaan+Piala+Sertifikat

·         jika peserta yang mengambil sub tema teknologi harap menyertakan hasil karayanya ketika persentasi Piala yang diperebutkan adalah piala gubernur untuk juara pertama pada Lomba KTI dan Poster
·         Karya terbaik akan diikut sertakan pada Pameran Produk Inovatif ( PPI ) di Semarang
j
 

Purwokerto, 28 juli  2012 
Ketua Panitia 


Epri Riyadi 
NIM.F1B011045

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar